Jumat, 10 Mei 2019

jaringan dasar pada komputer

jaringan dasar pada komputer


ü jaringan dasar computer dapat di artikan sekumpulan computer yang berkomunikasi dengan computer lainya menggunakan jaringan dasar secara bersamaan. Tujuan utama jaringan computer adalah memungkinkan komunikasi data antar pengguna jaringan computer.

Macam-macam jaringan komputer, Local Area Network(LAN), Metropolitan Area Network(MAN), Wide Area Network(WAN), dan Personal Area Network(PAN).  

    1.LAN Local Area Network biasa disingkat LAN adalah Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti Rumah, Perkantoran, Sekolah, Gedung, atau yang lebih kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering di gunakan untuk membentuk LAN. Tempat yang menyediakan Wi-fi disebut Hotspot.      

 2.MAN Metropolitan Area Network adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi di kota tersebut seperti Instansi Pemerintah, Kampus, Perkantoran, Sekolah dan sebagainya.       Jaringan MAN adalah Gabungan Dari Beberapa LAN yang digabungkan menjadi satu dan di namakan dengan Metropolitan Area Network(MAN) jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam suatu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. 
   
3.WAN adalah Singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh jaringan komputer suatu negara atau suatu kota yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik . WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringa lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.    

4.PAN Personal Area Network atau PAN adalah Sebuah jaringan komputer yang memiliki jangkauan hanya beberapa meter atau juga bisa disebut jaringan area pribadi karena jangkauannya yang hanya beberapa meter tetapi PAN juga dapat menjangkau jangkauan ratusan bahkan hingga ribuan killometer dengan memanfaatkan jaringan global, PAN digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti Komputer, Ponsel, Telepon, Televisi, Sistem keamanan rumah yang berbasis data personal ataupun perangkat komunikasi public. 

 
ü  Pengertian Topologi Star atau topologi bintang adalah suatu metode atau cara untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dengan jaringan yang berbentuk bintang (star), dimana topologi jaringan berupa kovergensi dari node tengah ke setiap node/ pengguna, sehingga semua node atau titik terkoneksi dengan node tengah tersebut.
Ciri-Ciri Topologi Star
Kita dapat mengenali topologi star dengan melihat karakteristiknya. Pada topologi star, setiap komputer host memiliki kabel tersendiri yang terkoneksi langsung dengan perangkat pusat hub, switch, multipoint repeater, atau bahkan Multistation Access Unit (MAU) melalui sistem point-to-point.
Pada umumnya topologi bintang digunakan pada jaringan komputer di kantor atau rumah. Jenis kabel yang dipakai pada topologi jaringan ini biasanya jenis Unshielded Twisted Pair (UTP), tapi ada juga yang menggunakan jenis kabel coaxial dan fiber optic cable.
Berikut adalah ringkasan dari ciri-ciri topologi Star:
·         Masing-masing node berkomunikasi secara langsung dengan central node. Trafik data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.

·         Topologi star mudah untuk dikembangkan karena masing-masing node 
terdapat kabel yang terhubung langsun ke central node.

·         Jaringan tidak akan terganggu apabila salah satu node mengalami kerusakan

Topologi star bisa menggunakan Kabel Lower karena hanya menangani satu trafik node, umumnya menggunakan kabel UTP.

Cara Kerja Topologi Star:
Misalnya sebuah perusahaan memiliki jaringan komputer dengan topologi star, dimana beberapa komputer terkoneksi ke perangkat pusat hub atau switch. Perangkat pusat hub akan menyimpan daftar Content Addressable Memory (CAM)pada memorinya. CAM akan menyimpan semua alamat perangkat komputer yang terhubung dengan switch.

Keuntungan / Kelebihan Topologi Star:

1.     Pemasangan dan pengelolaan dari jaringan berbetuk bintang ini sangat mudah dan sangat sederhana dari segi Fungsionalitas

2.     Sangat mudah untuk memecahkan masalah,  karena semua jenis jaringan komputer selalu tergantung pada hub sentral artinya bahwa setiap masalah dalam pengoperasian jaringan dioperasi dapat ditelusuri ke hub pusat.

3.     Dalam topologi star, paket-paket data tidak mesti membuat jalan melalui berbagai node yang akan memastikan transfer data dengan cepat.

4.     Pada saat yang sama, faktanya bahwa paket data hanya melalui tiga titik berbeda untuk memastikan bahwa data sampai dengan aman.

5.     Sebagai node yang tidak terhubung satu sama lainnya, setiap masalah dalam satu node tidak mengganggu kinerja node lain dalam jaringan.

6.     Menambahkan atau menggantikan mesin baru yang lama sangat mudah dalam topologi jaringan ini, dan tidak mengganggu jaringan ke node lainnya.

Kelemahan / Kerugian Topologi Star:

1.     Masalah utama dalam topologi bintang adalah kenyataan sangat bergantung pada fungsi hub pusat.

2.     Ukuran dari jaringan ini bergantung pada berapa banyak koneksi dapat dibuat untuk hub.

3.     Jenis jaringan ini membutuhkan lebih banyak kabel dibandingkan dengan topologi linear bus, yang berarti pengeluaran akan relatif tinggi.

4.     Kinerja seluruh jaringan secara langsung tergantung pada kinerja hub. Jika server lambat, akan menyebabkan seluruh jaringan menjadi lambat

5.     Jika salah satu simpul banyak memanfaatkan porsi pengolahan kemampuan yang signifikan dari hub pusat, akan mempengaruhi kinerja node lain.

ü Fungsi kabel Straight adalah digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda dan merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya.

 Contoh penggunaan kabel straight yaitu:

Menghubungkan antara computer dengan switch

Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL

Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL

Menghubungkan switch ke router

Menghubungkan HUB ke router

URUTAN KOMBINASI KABEL STRAIGHT 

1. Urutan kabel Straight:

Ujung A:
1) Putih Orange
2) Orange
3) Putih Hijau
4) Biru
5) Putih Biru
6) Hijau
7) Putih Coklat
8) Coklat

Ujung B:
1) Putih Orange
2) Orange
3) Putih Hijau
4) Biru
5) Putih Biru
6) Hijau
7) Putih Coklat
8) Coklat

Cara setting kabel LAN:

Buka Local Area Connection Status di pojok kanan bawah (icon komputer kembar) kemudian klik Properties, trus pada tampilan Local Area Properties klik Configure silahkan cari pilihah Speed and Duplex (setiap tipe LAN pada komputer memiliki menu yang berbeda, tetapi pasti ada settingan Speed and Duplex) set valuenya menjadi 10 Mbps Full Duplex. Setelah itu klik OK. Koneksi LAN anda akan me-restart secara otomatis. Jika masih terjadi error pada Koneksi LAN anda berarti tipe kabel LAN yang anda gunakan tidak cocok.

ü Langkah-langkah yang digunakan untuk membuat kabel jaringan adalah:

1.      Kupas kulit kabel sekitar 2cm dengan menggunakan striping tool (biasanya tedapat dalam crimping tool)

2.      Setelah itu Luruskan  dan Pisahkan pilinan kabel sesuai dengan warnanya kabel

3.      Setelah itu kabel di potong dan ratakan ujung kabel straight

Urutan Warna kabel Straight :
-          Putih Orange
-          Orange
-          Putih Hijau
-          Biru
-          Putih Biru
-          Hijau
-          Putih Coklat
-          Coklat           

4.       Masukkan Kabel yang sudah lurus ke dalam konektor RJ-45 dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar

5.       Lakukan crimping menggunakan tang crimping, tekan crimping dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah terpasang baik pada tiap-tiap kabel, biasanya akan terdengar bunyi klik

6.       Hasil dari saat di crimping RJ-45 sesuai urutan kabel Straight                                                               
                              
7.      Lakukan tes dengan LAN Tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya,
kemudian nyalakan. Jika semua lampu indikator menyala sesuai susunan masing-masing kabel Straight berarti semua bagian kabel sudah terpasang dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JobShett Sistem Komputer

Jobshett Sistem Komputer 2020 I.          Keselamatan Kerja 1.      Peserta didik (praktikan) wajib menggunakan wearpack. 2.    ...